Jumlah Manusia di Muka Bumi Ini tidak terhitung banyaknya, akan tetapi Allah menciptakan manusia selalu berbeda antara satu dengan yang lainnya

Minggu, 22 April 2012

Posko Penanganan Pasca UN

JAKARTA--Bagi pelajar-pelajar yang stres dan frustasi menghadapi Ujian Nasional (UN), sebentar lagi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan membuka posko untuk memberikan konseling kepada mereka. Rencananya, Posko Stess UN akan dibangun di setiap perguruan tinggi negeri, terutama yang ada di luar Pulau Jawa.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kemendiknas, Djemari Mardapi, mengungkapkan, dibukanya Posko Stres UN diutamakan di luar Pulau Jawa lantaran peserta yang tidak lulus UN biasanya kebanyakan dari luar Pulau Jawa. Seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), Medan, Kalimanta, dan Sulawesi.
Nantinya, Kemendiknas akan berkoordinasi dengan perguruan tinggi negeri (PTN) dan psikolog yang akan membantu siswa yang mengalami stress agar bisa kembali baik lagi.

''Tidak menutup kemungkinan kalau di Pulau Jawa akan ada posko karena stress itu kan tidak mengenal batas geografi, kami harus memberi para pelajar semangat karena bagi yang gagal dapat mengkuti ujian ulangan dan yang diambil adalah nilai yang terbaik,'' papar Djemari usai konferensi pers UN di Gedung Kemendiknas, Selasa (23/3).

Menurut Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Bejo Sujanto, rencana pembuatan posko membantu pelajar SMA menghadapi UN adalah langkah bagus. Dia pun menyambut baik program tersebut dan akan turut berkontribusi di dalamnya. Namun begitu, dia menilai rasa cemas dan ketakutan dalam menghadapi UN bagi para pelajar memang lumrah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, juga menyambut baik adanya posko tersebut karena memang perlu adanya posko untuk membantu para siswa menumbuhkan semangat dan kepercayaan diri kembali pasca kegagalan dalam UN. Disdik DKI, lanjutnya, akan berkoordinasi dengan Kemendiknas guna menyediakan posko tersebut di DKI.

Sumber : http://www.republika.co.id

Tidak ada komentar: